Pasar Nambangan Surabaya Siap Bersaing sebagai Nominator Lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas

15-05-2024 Surabaya Dilihat 188 kali

SURABAYA, Pasar Nambangan Surabaya sebagai salah satu nominator Lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas (PPABK) yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota Surabaya. Pada Jumat, 3 Mei 2024 dilaksanakan penilaian tahap akhir yaitu Verifikasi Lapangan secara online. Seleksi ini didasarkan pada hasil penilaian terhadap Profil Pasar Nambangan dan Wawancara yang dilakukan oleh tim juri dari Badan POM, Badan Pangan Nasional, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

 

Dewi Soeriyawati, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopumdag) Kota Surabaya, menyampaikan apresiasi kepada Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Surabaya atas intervensi yang dilakukan dalam memastikan keamanan pangan di Pasar Nambangan.

 

Dalam melaksanakan program pasar pangan aman berbasis komunitas ini, pengelola pasar bersinergi dengan beberapa dinas terkait dilingkungan Pemerintah Kota Surabaya, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Perhubungan, Kecamatan Kenjeran dan Kelurahan Tanah Kali Kedinding.

 

Berbagai inovasi telah dilakukan, diantaranya mendirikan Pos Pantau Keamanan Pangan, Stikerisasi lapak bagi yang telah memenuhi ketentuan, bekerjasama dengan grabmart dan tiktok untuk e-commerce, Pembayaran QRIS, Pojok Baca dan WiFi gratis.

 

Melalui kegiatan PPABK ini, diharapkan komunitas di Pasar Nambangan Surabaya semakin memahami pentingnya keamanan pangan dalam menjaga kesehatan masyarakat. Selain itu semakin meningkatnya kesadaran, pengetahuan, pemberdayaan, dan kemandirian komunitas pasar  tentang keamanan pangan dan ikut serta dalam mengawasi bahan berbahaya yang disalahgunakan pada pangan.

Kesadaran dan kualitas produk, diharapkan juga akan terjadi peningkatan kepercayaan konsumen terhadap produk yang dijual di Pasar Nambangan.

 

Tim Penyusun Materi Website dan Media Sosial BBPOM di Surabaya

Kontributor: Rika Yustiarni

Sarana