Kolaborasi Gempur Jatim dan Jemput Bola Registrasi Pangan Olahan, BPOM hasilkan 75 NIE Pangan Baru dalam 2 hari

15-05-2024 Surabaya Dilihat 135 kali

Banyak kegiatan fasilitasi UMKM yang dilakukan Balai Besar POM di Surabaya dalam rangka percepatan pengembangan dunia usaha pangan. Salah satunya adalah Gempur Jatim dan desk registrasi dalam rangka Jemput Bola Registasi Pangan Olahan. Balai Besar POM di Surabaya berkolaborasi dengan Direktorat Registrasi Pangan Olahan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan desk registrasi Pangan Olahan dalam rangka Jemput Bola Registasi Pangan Olahan di Hotel DoubleTree by Hilton Surabaya, Kamis-Jumat tanggal 25-26 April 2024.

 

Kegiatan ini merupakan upaya aktif dalam mempermudah dan mendekatkan diri dengan masyarakat, sekaligus mempercepat proses pendaftaran pangan. Pada kegiatan ini dilakukan juga pendampingan secara langsung kepada pelaku usaha yang akan mengajukan permohonan Izin Edar. Pendampingan dilakukan oleh petugas BPOM untuk proses pengajuan sertifikat Izin Penerapan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (IP CPPOB), pengajuan registasi akun perusahaan dan pengajuan registrasi produk Pangan Olahan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing produk UMKM yang memiliki jaminan atas mutu dan keamanan produk melalui proses produksi yang memenuhi kaidah Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik hingga produknya memiliki Nomor Izin Edar BPOM.

 

Kesempatan yang luar biasa ini tidak disia-siakan oleh UMKM Pangan yang benar-benar berkomitmen untuk mendaftarkan produknya. Kerja keras dan semangat dari para UMKM Pangan untuk memenuhi segala persyaratan cukup tinggi sehingga membuahkan hasil yang cukup progresif, dimana dalam waktu 2 (dua) hari saja telah diterbitkannya 75 (tujuh puluh lima) Nomor Izin Edar (NIE) BPOM terdiri dari 68 (enam puluh delapan) NIE produk risiko tinggi dan 7 (tujuh) NIE produk risiko menengah rendah serta 5 (lima) Sertifikat IP CPPOB. Selain itu terdapat 29 (dua puluh sembilan) UMKM yang telah disetujui akun perusahaannya pada aplikasi https://ereg-rba.pom.go.id

 

Dengan hadirnya Balai Besar POM di Surabaya beserta Direktorat Registrasi Pangan Olahan diharapkan dapat memberikan kemudahan dan percepatan pengurusan izin edar BPOM kepada UMKM Pangan. Harapan kedepannya, bagi pelaku usaha yang telah mendapatkan izin edar agar tetap senantiasa berkomitmen menjaga mutu dan keamanan produk pangan olahan yang diproduksi serta dapat menyampaikan kepada pelaku usaha lainnya bahwa pengurusan izin edar di BPOM itu tidak sulit dan terjangkau sejauh persyaratan/ prosedur yang ada dipenuhi oleh pelaku usaha. Bagi yang belum punya izin edar, silahkan datang dan konsultasi ke ULPK BBPOM di Surabaya tanpa dipungut biaya apapun. Karena kredibilitas suatu instansi terlihat dari kualitas layanan publiknya dan pelayanan publik yang prima dirasakan oleh masyarakat termasuk pelaku usaha. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan publik BBPOM di Surabaya dapat menghubungi WA layanan 08771-1500-533.

 

 

Tim Penyusun Materi Website dan Media Sosial BBPOM di Surabaya

Kontributor: Kiki Adlita Siregar

Sarana